Tested. Do with your own risk! — Tapi harusnya sih baik-baik saja, hehe..

Secara default, Android tidak mengizinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi yang terinstall di phone memory ke memory eksternal / SD Card. Dengan jumlah phone memory yang terbatas, dan banyaknya aplikasi yang terinstall di phone memory akan membuatnya semakin penuh. Nah anda ingin memindahkan aplikasi tersebut ke SD Card?

Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk meng-enable fitur Move to SD Card dari Android anda. Cara ini sangat aman, dan hampir tidak mungkin membuat Android anda hang/bricked.

Inilah Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root :

Caranya:

1.) Pastikan komputer anda sudah terinstall Samsung Kies. (intinya pastikan HP anda bisa tersambung dengan PC, dengan menggunakan driver dari jenis Android Anda), selaen samsung harusnya bisa karena si penulis blog sebutkan Samsung, berarti driver dari masing2 sudah terinstall. Cek: http://developer.android.com/sdk/oem-usb.html

2.) Masuk ke Setting -> Applications -> Development -> Centang USB Debugging. Khusus ICS: Settings-Developer Options-Android Debugging dicentang dan settings-security-device administration-Unknown source.

3.) Download http://www.mediafire.com/?lc9u85d53h1cqkj dan kemudian ekstrak pada komputer Anda.

4.) Hubungkan ponsel anda ke PC dengan kabel USB.

5.) Jalankan file “Enable Move to SD.bat”

4.) Selesai. Sekarang anda bisa memindahkan aplikasi yang sebelumnya ada di Phone Memory ke SD Card, dengan cara menuju ke setting aplikasi, kemudian Move to SD Card untuk memindahkan aplikasi tersebut ke SD Card Android anda.

Sangat mudah, kan?
Mannga di coba😀