Mengenal SQL

Structured Query Language (SQL) merupakan bahasa yang banyak digunakan dalam berbagai produk database. SQL dibangun di laboratorium IBM-San Jose California sekitar akhir tahun 70-an. Pertama kali dikembangkan sebagai bahasa di produk database DB2 yang sampai saat ini merupakan produk database andalan IBM. SQL sering di lafalkan dengan “sequel”.

 

Saat ini organisasi standar America (ANSI) menetapkan standar bahasa SQL yaitu ANSI-92 standard. Masing-masing vendor database memiliki dialeknya sendiri sebagian besar spesifikasinya mengacu pada standar ANSI tersebut dengan  berbagai ekstensi tambahan. SQL Server menggunakan bahasa Transact-SQL dalam produknya, sedangkan Oracle menggunakan PL/SQL.

 

Tools yang digunakan adalah Query Analyzer. Anda juga dapat menggunakan produk database lain seperti MySQL atau Oracle dengan konsep yang sama.

Dasar SQL

Fungsi paling dasar dari SQL adalah untuk menampilkan data dari database. Data tersebut selanjutnya dapat difilter dan dimanipulasi sesuai kebutuhan aplikasi.

 

Perintah perintah dalam SQL terbagi dalam 2 kelompok besar :

  • Data Definition Language (DDL)
  • Data Manipulation Language (DML)

 

DDL merupakan suatu bahasa dalam script SQL yang lebih menekankan pada pembuatan database, tabel. DDL juga meliputi penghapusan database dan tabel.

DML merupakan suatu bahasa dalam script SQL yang lebih menekankan pada modifikasi dari suatu tabel. Yang termasuk ke dalam DML antara lain : insert, update, delete, alter table, select.